27 August 2013

Cara Menghadirkan Kesan Natural dengan Batu Alam

Jika Anda bertempat tinggal di sebuah perumahan yang tidak menyediakan taman-taman kecil. Biasanya sih para pengembang perumahan menyediakan tempat khusus untuk taman. Atau di depan rumah masih tersedia sedikit tanah yang bisa Anda manfaatkan sebagai taman. Salah satu manfaat taman adalah dapat menimbulkan rasa segar dan nyaman dalam berfikir.

Menghadirkan kesan natural dengan batu alamBagaimana jika pihak pengembang tidak menyediakan hal tersebut? Anda bisa membuat sendiri dengan menyediakan tempat kecil sebagai taman atau minimal hanya berupa tanaman bunga yang ditanam pada pot.
Intinya adalah bagaimana membuat kesan tropis di rumah Anda dengan memanfaatkan potensi yang ada, seperti yang saya uraikan tadi.

Selain membuat taman kecil, ada cara lain agar kesan naturalis hadir di rumah Anda. Dinding rumah bagian depan dapat Anda manfaatkan dengan cara memasang batu alam. Terdapat beragam jenis batu alam yang dapat Anda sesuaikan dengan disain dan tipe rumah Anda.

Batu Alam sebagai Pengganti Taman

Beberapa tips berikut ini mungkin dapat membantu Anda untuk membuat dinding natural dengan memasang batu alam:
  1. Pada bagian depan rumah Anda, atau di teras rumah sebaiknya Anda pasang batu alam dengan motif agak kehijauan, biasanya batu alam jenis ini berukuran 5 cm X 20 cm. 
  2. Ketinggian pasangan batu alam 1 meter dari permukaan lantai, atau setinggi kusen jendela bagian bawah. Jika dinding bagian depan rumah Anda memiliki volume yang sedikit yang disebabkan jumlah kusen yang banyak, maka Anda boleh memasang batu alam pada seluruh bagian dinding depan. 
  3. Beri batasan antara kusen dengan batu alam menggunakan variasi plesteran lurus yang mengelilingi bentuk kusen. Anda dapat mengecatnya dengan warna putih. sedangkan kusen dan jendela dicat dengan warna abu-abu dan putih.
  4. Hal yang harus diperhatikan sebelum memasang batu alam adalah dinding tidak perlu diplester, atau jika diplester harus bertekstur kasar agar pasangan batu alam lebih rekat dan tidak mudah lepas. Jika dinding rumah Anda sudah dicat, maka bagian akan dipasang batu jenis ini harus dikelupas terlebih dahulu kemudian Anda siram dengan air sehingga semua kotoran akan hilang.
  5. Hal lain lagi yang tidak kalah penting adalah batu alam harus direndam terlebih dahulu selama satu hari, agar semen yang berfungsi sebagai perekat dapat lebih sempurna menempel di permukaannya.
  6. Pasang batu alam dengan metode grafitasi, yaitu dengan menempelkan batu alam dengan posisi bagian yang panjang ke arah horizontal atau mendatar.
  7. Bersihkan semua permukaan pasangan batu alam dari kotoran adukan dan semen. Kemudian Anda dapat melapisi permukaannya dengan vernis atau melamic.

Kesan alami atau natural akan hadir di rumah Anda dengan cara memasang batu alam pada dinding bagian depan rumah Anda. Semoga bermanfaat.


Artikel Terkait Cara Bangun

0 komentar:

Post a Comment

Newer Post Older Post Home

Blogger Template by Blogcrowds