25 April 2014

Mengenal Jenis Cat Dinding Rumah

Cukup banyak orang yang tidak mengetahui jenis cat untuk dinding rumah. Bahkan kadangkala ketika pemilik rumah hendak membangun atau merenovasi rumahnya, bingung hendak memilih jenis cat, merek cat, dan warnanya. Anda seharusnya mengetahui sedikit tentang jenis cat untuk kayu, atau untuk tembok rumah.

Hal ini sangat berguna sekali agar hasil pengecatan sesuai dengan apa yang dikehendaki, awet atau tahan lama. Seringkali dijumpai kondisi cat yang mengelupas, jamuran, atau luntur terkena air hujan dan sebagainya.

Cat Tembok

Kali ini saya akan menjelaskan mengenai jenis cat rumah, khususnya cat tembok yang diklasifikasikan berdasarkan kandungan dan fungsinya, interior atau ekterior paint.
  1. Satin Finish Paint
    Cat tembok jenis ini dilapisi dengan permukaan satin yang lembut untuk permukaan interior dan eksterior. Dengan lapisan ini membuat permukaan dinding rumah menjadi mengkilap seperti kain satin, membuat ruangan menjadi lebih lembut dan luas, terang tanpa kesan menyilaukan. Jenis cat ini dapat dibersihkan dengan spons atau kain lap.
  2. Alkali Resisting Primer
    Cat berbahan alkali, tahan terhadap pH tinggi atau basa untuk permukaan interior dan eksterior. Dianjurkan untuk cat dasar pada permukaan tembok dan gypsum yang baru untuk penampilan hasil akhir yang merata.
  3. Gypsum and Ceiling Paint
    Cat yang khusus diformulasikan untuk permukaan gypsum dan jenis plafon lainnya. Cat jenis ini bersifat “non spattering”, yaitu tidak menyiprat sewaktu digunakan. Hasil akhir flat (dof) dapat membantu menutupi ketidaksempurnaan pada permukaan plafon.
  4. Alkali Resisting Primer/Sealer (Solvent Base)
    Cat dasar berpelarut minyak yang berfungsi sebagai wall sealer, alkali resisting primer atau undercoat (cat dasar) dan stain blocker (penahan noda). Cat ini memiliki daya penetrasi yang baik sekali.
  5. Wall Sealer
    Cat dasar yang juga berpelarut minyak berfungsi sebagai cat dasar pada permukaan yang telah mengapur (chalking). bersifat mengikat kembali partikel-partikel pigment yang telah lepas pada permukaan tembok yang telah rusak/tua.

Demikian beberapa jenis cat tembok yang dapat digunakan untuk memilih jenis cat yang disesuaikan dengan keperluan Anda. Tersedia berbagai merek di toko material. Tanya saja jenis cat apa, ekterior atau interior dan mereknya. Semoga manfaat.


Artikel Terkait Material dan Konstruksi

0 komentar:

Post a Comment

Newer Post Older Post Home

Blogger Template by Blogcrowds