15 January 2014

Tips Mendisain Pintu Garasi

Garasi merupakan tempat menyimpan kendaraan Anda, baik kendaraan roda empat seperti mobil kesayangan Anda, maupun kendaraan roda dua, seperti sepeda motor atau sepeda.

Ruang  garasi ideal jika ruang tersebut dapat dimasuki mobil dan masih ada jarak yang cukup untuk sepeda motor dan ruang untuk berjalan. Misalnya berukuran lebar 3,5 meter dan panjang 4 meter. Memang cukup sulit jika memiliki rumah di lokasi perumahan yang terbatas, misalnya ukuran 10 meter X 15 meter. Anda harus pintar-pintar mengatur ruangan, termasuk ruang garasi.

Tips Disain Pintu dan Modelnya

Pintu garasi berbeda dengan pintu untuk kamar dan pintu ruang depan. Baik dari segi model maupun ukurannya. Sebaiknya Anda membaca beberapa poin berikut sebelum merancang pintu garasi kendaraan Anda.
  • Jika lebar garasi Anda 3,5 meter, maka sebaiknya lebar pintunya adalah 3,2 meter. Ukuran ini masih ideal untuk tempat keluar-masuk kendaraan Anda.
  • Bahan yang digunakan untuk pintu garasi harus kuat dan tahan lama. Menurut pengalaman saya, ada dua jenis bahan yang biasa digunakan untuk membuat pintu garasi, yaitu pelat besi (yang biasanya disebut rolling door) dan berbahan kayu. Kelemahan menggunakan rolling door adalah, model yang disediakan kurang bervariasi, kelebihannya adalah biasanya tahan lama dan lebih kuat.
  • Jika Anda memilih memasang pintu garasi dengan bahan kayu, maka Anda akan lebih banyak memilih model atau disain pintunya. Anda sebaiknya mendisain tampak mukanya sama dengan disain pintu rumah Anda, sehingga tampak seragam. Anda dapat membagi ukuran 3,2 meter menjadi beberapa pintu.
  • Masing-masing pintu disatukan menggunakan engsel, sehingga menjadi pintu lipat. Pintu garasi dapat Anda pesan di tempat membuatnya dengan menentukan sendiri disainnya atau memilih disain yang telah disediakan oleh pembuatnya.

Pilihan Cat dan Warna

Pintu garasi yang terbuat dari pelat besi (rolling door) dicat menggunakan cat besi dengan warna kesukaan Anda. Sedangkan jika pintu garasi yang terbuat dari kayu dapat dicat menggunakan cat kayu dengan warna pilihan Anda.  Politur juga dapat menjadi pilihan untuk membalut pintu garasi, hal ini akan terkesan natural.

Sebaiknya gunakan warna dan jenis cat yang sama dengan pintu rumah Anda, sehingga menjadi satu kesatuan atau seragam.


Artikel Terkait Tips

0 komentar:

Post a Comment

Newer Post Older Post Home

Blogger Template by Blogcrowds