09 March 2014

Tips Sukses Membangun Rumah Idaman

Setiap orang mendambakan sebuah rumah yang sesuai dengan “angan-angan” yang tertuang di sebuah gambar disain. Keinginan untuk merealisasikan rencana untuk membuat sebuah rumah akan terwujud apabila semua faktor pendukung tersedia dan faktor penghalang dapat diminimalisir.

Betatapun bagusnya sebuah gambar rumah dari hasil karya seorang designer atau arsitek bangunan tanpa didukung faktor lain maka pelaksanaan proyek rumah Anda akan terhambat. Mari kita simak beberapa faktor atau tindakan penting yang harus dilakukan agar disain rumah Anda terwujud menjadi sebuah kenyataan.

  1. Melakukan perencanaan yang matang, membuat gambar dan RAB
    Hal ini merupakan faktor pertama yang menjadi penyalur ide atau gagasan Anda untuk merealisaikan sebuah rumah idaman Anda. Ketika Anda telah memiliki sebidang tanah dengan ukuran yang standar, maka konsultasikan dan rencanakan kepada konsultan ahli bidang bangunan atau seorang arsitek rumah. Bicarakan dengan mereka gambar yang sesuai dengan karakter dan minat Anda. Atau mungkin Anda ingin memiliki disain rumah minimalis, atau klasik, bahkan mungkin sebuah rumah tradisional daerah Anda. Anda bebas memilih disain sesuai dengan kemauan Anda, namun harus direncanakan dengan matang. Sesuaikan ukuran dan bentuk rumah dengan luas lahan. Hitung semua biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat rumah Anda. Ukur kemampuan keuangan Anda.
  2. Menentukan dan memilih model rumah yang paling tren dan sesuai dengan karakter pribadi Anda dan istri.
    Tidak bisa dipungkiri, jika bentuk, gaya dan warna rumah dapat mewakili karakter seseorang, meskipun tidak 100 persen. Saya beri perumpamaan, bagaimana reaksi Anda jika bentuk dan model serta warna cat rumah dilakukan sembarangan, misalnya berwarna hitam, padahal Anda tidak suka itu, sebab karakter Anda kalem dan lembut....Apa yang akan terjadi??
  3. Usahakan untuk menghindari meminjam uang di bank
    Jangan memaksakan keamampuan Anda untuk merealisasikan rencana membuat rumah idaman. Jalankan sebatas kemampuan keuangan Anda akan lebih baik dan Anda akan merasa nyaman ketika sedang membangun tanpa memikirkan cara mengembalikan uang pinjaman dari bank. Oleh karena itu berkonsultasi mengenai semua biaya untuk membangun rumah sangat penting, sampai batas mana anggaran yang harus dikeluarkan, apakah pembangunannya bertahap jika anggaran tipis.
  4. Mengurus IMB
    Surat izin membangun merupakan hal penting, terutama bagi Anda yang hendak membangun rumah di daerah perkotaan. IMB dapat Anda urus di kantor pelayanan dinas tata kota daerah Anda.
  5. Memilih bahan material yang baik kualitasnya dan harga terjangkau
    Ketika Anda hendak berbelanja sendiri material bangunan, pilih dengan standar kualitas nasional sebagai standar minimal agar rumah Anda awet dan tahan lama. Pilih harga yang sesuai dengan kondisi budget Anda.
  6. Menentukan jadwal sebagai target penyelesaian rumah
    Penyusunan jadwal kerja sangat penting agar semua kegiatan dapat terlaksana dengan baik dan tepat waktu. Jika Anda tidak memiliki target penyelesaian, maka akan menimbulkan biaya yang seharusnya tidak ada.
  7. Memilih dan merekrut tenaga ahli yang profesional
    Konsultasikan hal ini kepada konsultan Anda atau bisa mencari sendiri seorang handyman, carpenter atau menyewa konsultan ahli agar perencanaan rumah Anda berhasil dan selesai sesuai jadwal.

Demikian tips ringan ini semoga bermanfaat.


Artikel Terkait Tips

2 komentar:

Tulisan yang bagus..memang dalam membangun rumah idaman minimalis diperlukan perencanaan yang matang, pelaksanaan yang sesuai standar, pengawasan yang baik, serta perawatan yang teratur. Akan tetapi sebelum melangkah jauh kesana, ada beberapa hal fundamental yang harus diketahui, yaitu aspek material bahan bangunan, teknis pekerjaan, dan biaya - http://bit.ly/1cnv1S2

benar pak, trim kunjungannya..

Post a Comment

Newer Post Older Post Home

Blogger Template by Blogcrowds