01 October 2013

Tips dan Manfaat Merenovasi Rumah

Tips dan Manfaat Renovasi Rumah
Foto: Ilustrasi
Sebagian besar pemilik rumah menghabiskan waktunya di rumah mereka, setelah melakukan kesibukan dan tugas-tugas pekerjaan, apalagi jika ruangan dan disain rumah tersusun rapi dan indah, pasti akan merasakan kesenangan dan menikmati keindahan rumah bersama istri dan anak-anak. Penataan ruang, pengaturan warna dinding dan plafon menjadi faktor penentu dalam mencerminkan gaya hidup dan selera pemilik rumah.

Kadangkala pemilik rumah merasa bosan dengan penataan ruang yang kurang menarik atau warna dinding dan plafon rumah yang sudah pudar atau warnanya sudah ketinggalan zaman.

Alasan Renovasi Rumah

Banyak sekali hal-hal yang melatarbelakangi seseorang untuk memperbaiki rumahnya. Beberapa alasan berikut merupakan alasan pokok yang membuat Anda ingin merubah atau merenovasi rumah:
  1. Jumlah ruangan tidak mencukupi disebabkan bertambahnya anggota keluarga, misalnya jumlah anak yang bertambah, usia anak yang sudah besar dan memerlukan kamar sendiri. Ada orang tua atau anggota keluarga lain yang tinggal serumah dan memerlukan kamar sendiri. Jika hal ini terjadi, maka Anda harus segera mencari pemborong lokal atau tukang untuk menambah ruangan di lantai atas atau lantai bawah, jika rumah Anda bertingkat.
  2. Disain rumah kurang cocok dengan suasana hati dan selera, atau Anda memiliki gambaran disain rumah baru yang cocok  bagi Anda. Hal ini juga termasuk bagaimana merubah suasana hati dengan menampilkan  disain warna yang lebih menarik dan segar.
  3. Beberapa bagian rumah telah rusak dan mesti diperbaiki secepatnya, terutama pada bagian atas yang telah bocor dengan intensitas yang tinggi. Kamar mandi yang telah rusak pada bagian lantai atau dindingnya, dan saluran air yang rusak sehingga tidak berfungsi secara maksimal.
  4. Pemilik rumah hendak menambah nilai jual rumah pada saat mereka ingin menjualnya. Ini adalah alasan terakhir jika Anda berniat hendak pindah rumah sekedar untuk mencari suasana dan lingkungan yang baru bagi Anda dan keluarga. Jika hal ini terjadi sebaiknya pertimbangkan dulu apakah biaya yang dikeluarkan lebih kecil dari keuntungan yang akan diperoleh setelah Anda menjual rumah Anda.
    Alasan ini biasanya terjadi bila pemilik rumah memiliki jiwa bisnis, atau hendak menjualnya untuk keperluan yang mendesak dengan harapan memiliki nilai jual yang tinggi setelah direnovasi.

Manfaat Renovasi

Dengan begitu, ketika Anda memang harus memperbaiki rumah, Anda akan memperoleh beberapa manfaat atau keuntungan yang dapat dinikmati bersama keluarga Anda:
  1. Nilai rumah menjadi bertambah. Jika Anda hendak melakukan perbaikan rumah, sebaiknya tidak hanya pada bagian luar rumah saja, namun  pada bagian dalam rumah juga, karena hal ini sangat menentukan nilai jual rumah Anda. 
  2. Anda akan memperoleh kenangan indah bersama istri. Rumah yang didisain bersama istri Anda secara bersama-sama, jika telah selesai maka akan menjadi sebuah kenangan yang indah. Misalnya penataan ruang dilakukan oleh Anda, kemudian pengaturan warna didisain oleh istri Anda.
  3. Anda akan memperoleh kenyamanan dan kesenangan di rumah baru Anda. Jika cat plafon , atau dinding yang telah pudar dicat kembali dengan warna yang segar dan sesuai selera Anda, pastikan bahwa Anda akan merasa nyaman dengan hal itu. Atau jendela yang telah usang diganti dengan yang baru, maka akan ada suasana baru bagi Anda. 
Manfaat itu akan diperoleh jika Anda melakukan perbaikan rumah dengan berkonsultasi dengan kontraktor atau tukang di daerah Anda tinggal. Ambil ide bagus mereka, lakukan kerjasama dengan saling memberi masukan. Semoga bermanfaat.


Artikel Terkait Tips

0 komentar:

Post a Comment

Newer Post Older Post Home

Blogger Template by Blogcrowds