26 July 2013

Tips Memperbaiki Kamar Mandi agar Nyaman

Kamar mandi merupakan bagian penting dari sebuah rumah, setiap aktivitas penghuni rumah tidak pernah lepas dari bagian ini. Kamar mandi yang nyaman dan bersih dapat mencerminkan watak penghuni keluarga, selain itu secara psikologis dapat mempengaruhi pikiran dan jiwa seseorang.

Memperbaiki kamar mandi agar nyaman
Jika kamar mandi sebuah rumah memiliki penataan yang baik, teratur (misaknya letak kloset yang sesuai, shower, bak kamar mandi, gantungan handuk, wadah sabun) serta kebersihan terjaga, maka akan membuat kita betah untuk berlama-lama di dalamnya untuk melakukan kegiatan membersihkan badan.

Pernahkah Anda merasa tidak nyaman di kamar mandi karena tata letak ruangan yang tidak teratur? Atau ukuran bak terlalu besar sehingga mempersempit ruangan? Bahkan mungkin Anda tidak cocok dengan warna, dan jenis keramiknya? Solusi yang tepat jika Anda memiliki permasalahan seperti ini adalah segera memperbaiki kamar mandi Anda.

Jika hal tersebut terjadi pada Anda, rencanakanlah dengan matang apa saja yang harus Anda lakukan, mungkin  poin-poin di bawah ini dapat membantu Anda untuk memecahkan persoalan ini:
  1. Menurut saya disain yang cocok adalah disain minimalis jika ruangannya kecil, misalnya ukuran kamar mandi saat ini 1,5 m X 1,8 m. Selama ini mungkin terdapat bak mandi yang terlalu besar sehingga mempersempit ruangan, atau posisi kloset yang salah yaitu berhadapan lansung dengan pintu kamar mandi. Solusi membuat disain kamar mandi minimalis yaitu dengan mengurangi aksesoris yang tidak perlu dan menggantinya dengan aksesoris lain yang lebih memberi kesan luas tanpa mengurangi fungsinya.
  2. Ruangan yang sudah ada tidak perlu dibongkar, namun Anda hanya perlu membongkar keramik lama dan menggantinya dengan yang baru. Bak air yang terlalu besar dapat Anda bongkar dan menggantinya dengan shower yang disambungkan ke wadah penampung air di atas dak rumah.
  3. Jika posisi kloset Anda selama ini salah (misalnya berhadapan langsung dengan pintu kamar mandi) harus dipindahkan ke sudut kamar mandi di sebelahnya.
  4. Pipa saluran air bersih lama yang tidak digunakan lagi harus Anda tutup. Ganti dengan pipa yang baru terutama memasang pipa saluran air shower dan untuk kloset, sebab posisinya telah Anda pindahkan.
  5. Plafon kamar mandi lama jika masih dalam kondisi baik tidak perlu diganti, namun hanya perlu dicat ulang.
  6. Anda juga perlu memperbaiki penerangan di kamar mandi, karena hal ini dapat mempengaruhi kenyamanan kita ketika sedang berada di dalamnya.
  7. Pemasangan keramik sangat baik jika setinggi plafon, umpamanya setinggi 2,5 meter. Hal ini dilakukan agar dinding kamar mandi selalu bersih dan tidak perlu mengecat dindingnya. Pilihlah keramik dengan warna yang terang, dan sedikit memiliki corak berlebihan. Keramik dinding harus memiliki permukaan licin dan mengkilap agar mudah membersihkan kotoran yang menempel. Sedangkan keramik lantainya harus bertekstur kasar agar tidak licin sehingga hal-hal yang tidak diinginkan dapat dihindari seperti terpeleset dan sebagainya.
  8. Agar tidak terkesan monoton, Anda dapat memasang lis di tengahnya dengan posisi horizontal.
  9. Jika ruang kamar mandi terasa pengap, Anda dapat memasang exhaust pada plafon. Gunanya adalah dapat memperlancar pertukaran udara di dalam kamar mandi, dan menyedot bau yang tidak sedap.

Demikian tips dan cara memperbaiki kamar mandi dengan kondisi yang lebih baik dan lebih nyaman. Tips ini pernah saya alami ketika memperbaiki kamar mandi salah satu konsumen saya, dengan ukuran kamar mandi yang saya sebutkan di atas. Semoga bermanfaat bagi Anda.



Artikel Terkait Tips

0 komentar:

Post a Comment

Newer Post Older Post Home

Blogger Template by Blogcrowds