25 February 2014

Menghilangkan Noda di Langit-langit Deck

Hilangkan noda pada deck

Sebuah noda warna hitam/cokelat yang terdapat pada langit-langit deck atau plafon sangat mengganggu keindahan rumah Anda, bahkan kalau sudah parah bisa bertebaran di berbagai tempat. Tahukah jawabannya, noda apakah itu? Jika Anda mengetahui sejarah pembangunan rumah Anda, bagaimana tingkat ketelitian seorang tukang atau pemborong membuat deck untuk rumah atau garasi Anda. Amati bagaimana mereka membuat deck, campuran adonan cor, matang atau tidak? Atau mungkin usia deck memang sudah terlalu lama....

Mungkin ada sebagian orang tidak peduli akan hal itu, tidak menghiraukan sejarah pembuatan rumah Anda sendiri. Menurut saya hal itu sebuah sikap yang kurang baik, bagaimana jika hal ini terjadi pada rumah Anda kemudian Anda hendak memperbaiki dan menghilangkan noda-noda itu? Sikap terbaik adalah bagaimana Anda mengetahui penyebabnya dan berkonsultasi dengan tukang ahli atau konsultan, kemudian mencari solusi terbaik untuk mengatasi hal itu.

Belajar dari Pengalaman

Beberapa hal yang menyebabkan plafon atau langit-langit dak menjadi bernoda antara lain: Kualitas adonan beton tidak baik/kurang matang, kurangnya portland cement cara mengaduk tidak rata dan kurang air. Hal ini menyebabkan air hujan akan merembes dan meresap sehingga akan mengakibatkan noda pada cat langit-langit deck. Adanya genangan air hujan akibat deck tidak pada posisi miring pada bagian atasnya.

Saya memiliki sebuah solusi untuk menghilangkan noda tersebut, hal ini pernah dialami oleh seorang teman (katakanlah namanya Pak JUN) saya ketika dia pernah mengecat ulang rumah seseorang dan pada langit-langit deck terdapat banyak sekali noda berwarna coklat. Dia menhilangkan noda itu dengan karbit yang biasa digunakan untuk bahan bakar las (dinamakan las karbit). Caranya rendam karbit dengan air, kemudian air rendaman di oleskan secara merata pada bagian yag bernoda dengan menggunakan kuas. Biarkan mengering baru di cat ulang dengan warna yang Anda suka. Namun jangan lupa memperbaiki bagian atas deck terlebih dahulu dengan menambah adukan plaster.
Semoga bermanfaat.


Artikel Terkait Tips

0 komentar:

Post a Comment

Newer Post Older Post Home

Blogger Template by Blogcrowds