15 April 2013

Cara Menghitung Kebutuhan Cat

Pengecatan terdiri dari beberapa bagian yaitu pengecatan bagian dalam ruangan (interior) dan bagian luar rumah (eksterior), kayu dan kusen, besi (umpamanya trali dan pintu besi, pagar, dan yang lainnya). Satuan yang digunakan untuk menghitung kebutuhan cat adalah meter persegi.

Biasanya kemampuan seorang tukang cat yang sudah profesional dapat menyelesaikan bidang cat dinding sekitar 20-25 meter persegi dalam sehari. Hal yang harus menjadi perhatian adalah bagaimana seorang tukang cat dapat melakukan pengecatan dengan hasil yang optimal dan tidak terjadi pemborosan cat.

Dengan mengetahui kebutuhan cat untuk dinding, kayu dan kusen, serta besi (umpamanya teralis pintu dan jendela, serta teralis pagar) akan memudahkan kita mengontrol penggunaan cat untuk masing-masing bidang cat tersebut.

Satuan Menghitung Kebutuhan Cat

Angka-angka yang saya jelaskan  ini hasil dari perhitungan seluruh jumlah cat yang digunakan kemudian dibagi luas permukaan cat, sehingga menghasilkan jumlah kebutuhan cat per meter persegi. Angka ini bisa berubah sesuai dengan kondisi dan selera Anda.
  1. Kebutuhan bahan untuk mengecat dinding menggunakan cat tembok per meter persegi dengan tiga kali pengecatan adalah cat tembok 0,2 kg, plamur 0,16 kg.
  2. Kebutuhan bahan cat besi adalah meni besi 0,167 kg, cat dasar 0,083 kg, cat besi 0,2 kg.
  3. Kebutuhan bahan cat kayu adalah meni kayu 0,167 kg, plamur kayu 0,081 kg, cat kayu0,2 kg.
Masing-masing angka di atas dikalikan dengan luas bidang yang akan dicat dalam satuan meter persegi, sehingga menghasilkan jumlah cat dalam satuan kilogram.


Artikel Terkait Material dan Konstruksi

0 komentar:

Post a Comment

Newer Post Older Post Home

Blogger Template by Blogcrowds