07 February 2013

Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Material Dinding

Pengetahuan terhadap kelebihan dan kekurangan yang ada pada masing-masing jenis bahan untuk dinding dapat Anda gunakan sebagai bahan pertimbangan untuk memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Batu bata merah

Batu bata merah terbuat dari cetakan tanah liat yang kemudian dikeringkan dengan proses pembakaran sehingga menjadi kuat dan tidak mudah pecah. Ukuran batu bata merah 23 cm X 11 cm X 5 cm.

Batu bata merah, memiliki kelebihan antara lain kedap air sehingga jarang terjadi rembesan pada tembok akibat air hujan, kuat dan tahan lama, keretakan relatif jarang terjadi. Kekurangannya antara lain waktu pemasangan lebih lama dibanding dengan batako dan bahan dinding lainnya, biaya dan harga relatif lebih mahal.

Batako

Batako merupakan batu cetak yang tidak dibakar, terbuat dari pasir dan semen, batu kapur, serta campuran lapukan batu-batuan dari gunung merapi. Ukuran batako adalah panjang 30 cm, tebal 8 cm, dan tinggi 14 cm. Kelebihan batako adalah waktu pemasangan relatif lebih cepat, dan biaya lebih murah dari batu bata merah dalam satuan meter persegi.

Disamping itu ada beberapa kekurangan batako antara lain: mudah rapuh dan mudah pecah karena tidak melaui proses pembakaran, menyerap air sehingga dapat menyebabkan tembok lembab, serta dinding mudah menjadi retak. Kebutuhan bahan per meter jika memasang dinding menggunakan batako adalah batako 15 buah, pasir = 0,025 meter kubik, semen (@50 kg) = 0,215 zak.

Dinding hebel atau bata ringan (ALC)

Dinding hebel memiliki ukuran 60 cm X 20 cm dengan ketebalan 8 cm. Dinding hebel memiliki tingkat kerataan yang sangat baik sehingga bisa langsung diaci tanpa diplester, bata jenis ini cukup ringan dan halus.

Cara pemasangannya juga cukup menggunakan semen instan atau semen khusus. Semen ini berbahan dasar pasir, silika, semen, filler, dan zat aditive. Kebutuhan bahan per meter jika menggunakan hebel adalah semen instan 11,43 kg, hebel 8 buah, dan air 1,16 liter.

Dinding GRC (glass fibre reinforced cement board)

GRC adalah sebuah papan semen fiber glass yang dapat digunakan untuk interior maupun untuk area basah seperti dapur, teras, kamar mandi, maupun untuk dinding luar.

Ukuran yang tersedia 122 cm X 244 cm X dan 60 cm X 120 cm dengan ketebalan 5 cm, 6 cm, 8 cm, 10 cm. Pemasangan GRC menggunakan rangka kayu atau hollow (pipa besi). Kelebihan jenis bahan ini antara lain: pemasangan lebih cepat, tahan api, tahan rayap, tahan jamur, tahan kelembaban, kedap suara. Disamping kelebihannya GRC board juga memiliki kekurangan yaitu kurang kokoh, mudah rusak jika terkena benturan.


Artikel Terkait Material dan Konstruksi ,Tips

0 komentar:

Post a Comment

Newer Post Older Post Home

Blogger Template by Blogcrowds