20 May 2013

Cara Mudah Memasang Kusen

Sebagaimana telah kita ketahui bahwa kusen merupakan bagian dari rumah dan gedung, dan memiliki peran penting sebagai jalan keluar-masuk penghuni rumah dan sekaligus sebagai ventilasi (lubang udara). Disamping itu kusen juga memiliki fungsi estetika dan keindahan, pelengkap warna dan bentuk rumah.

Di berbagai daerah atau setiap negara memiliki beragam jenis kusen (termasuk bersamanya daun pintu dan jendela). Masing-masing memiliki kesukaan atau kecocokan dengan bahan atau jenis kusen apa yang akan dipakai sebagai struktur rumahnya. Misalnya kita kenal ada kusen kayu (terbuat dari bahan kayu), kusen aluminium (berbahan aluminium), dan kusen fiber dan plastik.

Cara Memasang Kusen yang Benar

Saat ini saya akan berbagi ilmu tentang bagaimana cara memasang kusen dengan berbagai jenis sebagaimana saya jelaskan tadi. Mengapa hal ini penting? Karena sebagus apapun jenis dan bahan kusen, jika cara memasangnya tidak benar maka akan terjadi kesalahan yang dapat berakibat fatal.

Berikut cara Memasang Kusen yang benar:

  1. Setelah penyelesaian pondasi, dan pengecoran sloop, memasang kusen dilakukan bersamaan dengan pemasangan batu bata dan pengecoran kolom. Cara ini dilakukan jika kusen yang akan dipasang berbahan kayu.
  2. Jika lokasi kusen pintu dan jendela telah ditentukan, tentukan pula ketinggian daun pintu yang diukur diatas permukaan lantai. Hal ini berguna untuk menentukan ketinggian sepatu kusen.
  3. Dengan berpedoman pada tinggi daun pintu, maka buatlah sepatu pada bagian sisi kedua kaki kusen menggunakan papan. Pasang paku 5 inci sebanyak masing-masing 2 pada kedua sisi kaki kusen. Pada bagian belakang kusen yang nantinya bersentuhan dengan batu bata, maka pasangkan paku 3 inci dengan jarak sekitar 50 cm. Paku yang ditancapkan tersebut dinamakan angkur (bahasa Indonesia), berfungsi sebagai pengikat dan penguat kusen dengan pasangan batu bata. Saya Berikan contoh, misalnya tinggi daun pintu 210 cm, sedangkan tinggi kedua sisi kusen pintu adalah 200 cm, maka Anda harus membuat sepatu di kedua kaki kusen setinggi 13 cm. Kelebihan angka 3 cm digunakan untuk ruang pemasangan keramik lantai nanti.
  4. Kemudian letakkan kusen pada posisi yang telah ditentukan dengan posisi tegak. Ukur posisi tegak lurus kusen dengan menggunakan alat penegak lurus (lot). Semua bagain bai pada sisi kanan maupun yang kiri harus tegak lurus.
  5. Pasang penopang atau skur pada kusen agar kusen tidak bergerak sehingga semua ukuran tidak berubah. Pasang semua kusen yang ada sebelum melakukan pemasangan batu bata.
  6. Untuk kusen jendela, teknis pemasangannya hampir sama dengan teknis pemasangan kusen pintu. Hal yang harus diperhatikan adalah bagian sisi atas kusen jendela harus memiliki ketinggian ang sama dengan kusen pintu. Biasanya kusen jendela dipasang setelah terdapat beberapa pasangan batu di bagian bawahnya. Jika pasangan batu telah kering, kusen jendela dapt dipasang seperti teknis yang telah dipaparkan di atas.
  7. Sebagai perhatian, jangan terbalik memasang kusen. Perhatikan ruang pemasangan daun jendela dan daun pintu. Ruang pemasangan daun pintu harus diletakkan di posisi sebelah dalam rumah, sedangkan daun jendela diletakan pada bagian luar rumah.

Semua poin di atas adalah tahapan pemasangan kusen kayu, sedangkan untuk memasang kusen aluminium dan kusen fiber atau plastik sedikit berbeda, berikut penjelasannya:

  1. Kusen aluminium dan kusen fiber/plastik dipasang setelah semua dinding diplaster denga rapi.
  2. Beri ruangan dengan ukuran yang telah ditentukan untuk memasang kusen aluminium. Plaster dengan rapi dan simetris semua ruangan kosong tersebut sehingga pemasangan kusen menjadi lebih mudah dan hasilnya akan sempurna.
  3. Pasang semua kusen menggunakan sekrup fishcer yang di bor pada semua sisi dinding ruangan (atas, bawah, kanan dan kiri).

Demikian cara mudah memasang kusen, semoga dapat memberikan manfaat bagi Anda.


Artikel Terkait Cara Bangun

1 komentar:

memang kalo diskusi tentang kusen pintu minimalis sangat erat kaitannya dengan desain pintu minimalis

Post a Comment

Newer Post Older Post Home

Blogger Template by Blogcrowds