22 June 2013

Cara Mudah Memasang Westafel

Westafel berfungsi sebagai tempat mencuci muka, mencuci tangan yang menempel pada dinding rumah. Westafel ini biasanya terbuat dari bahan porselen yang licin dan tidak mudah bocor. Alat ini tersedia dengan berbagai warna dan ukuran sesuai dengan spesifikasi yang disediakan oleh pembuatnya.

Cara mudah memasang westafelPerlu Anda ketahui posisi atau letak westafel harus disesuaikan dengan bentuk westafel itu sendiri, Westafel yang besar dan berbentuk persegi sebaiknya diletakkan di ruang dapur agar memudahkan Anda ketika hendak mencuci tangan, mungkin juga sayuran dan buah-buahan. Untuk westafel jenis ini, karena berukuran besar dan berat, maka benda ini harus diletakkan di atas meja. Meja penopang bisa dibuat permanen atau terbuat dari kayu atau stainles.

Baiklah, dibawah ini akan saya jelaskan bagaimana cara memasang westafel yang perlu Anda ketahui:

  1. Tentukan terlebih dahulu posisi atau letak westafel, untuk apa digunakan dan tentukan jumlahnya.
  2. Posisi yang baik untuk westafel yang berukuran standar adalah di pojok ruangan berdekatan dengan kamar mandi umum, berdekatan dengan ruang makan, dan dikamar mandi pribadi yang berukuran besar.
  3. Setelah Anda menentukan letak westafel dan jumlahnya, siapkan peralatan pendukung lainnya, seperti pipa PVC, lem pipa, tee 90derajat, long elbow, faucet socket, reducer elbow. Ukuran pipa PVC untuk saluran air bersih berukuran ½ Inchi, dan untuk saluran pembuangan air kotor berukuran 1 inchi. Pemasangan semua pipa ini ditanamkan di dinding dan dibawah keramik lantai sehingga tidak terlihat dan tidak mengganggu aktivitas penghuni rumah. Oleh karena itu ketika Anda membuat rumah baru tentukan pula posisi westafel dan pasang terlebih dahulu semua pipa air bersamaan dengan pemasangan pipa air ke kamar mandi dan dapur.
  4. Ketika memasang pipa, sediakan lobang input saluran air bersih dengan tinggi 90 cm dan dibagian bawahnya dengan jarak 15-20 cm sediakan pula output saluran air kotor. Semua lobang ini dipasang faucet socket. Ketinggian westafel standar biasanya 90 cm, namun ukuran ini dapt Anda tentukan sendiri sesuai dengan ukuran tinggi badan Anda.
  5. Jika faucet socket telah dipasang, kemudian periksa semua perlengkapan westafel yang tersedia dalam satu paket. Hal yang perlu Anda perhatikan adalah setiap merek westafel memiliki ukuran dan cara memasang yang berbeda, menurut saya perbedaannya biasanya terletak pada jarak faucet socket untuk input air bersih dan output air kotor.
  6. Cari lobang untuk memasang sekrup yang telah disediakan di westafel, terdapat dua lobang, kemudian ukur jaraknya. Kemudian tentukan titik lokasi sekrup fischer yang pada dinding, tandai dengan pensil. 
  7. Lubangi kedua lokasi sekrup pada dinding dengan menggunakan bor. Gunakan mata bor untuk tembok dengan ukuran sekrup fischer yang akan dipasang.
  8. Pasangkan westafel dengan menentukan lobang yang ada pada westafel tepat pada lobang hasil pengeboran ditembok tadi. Kencangkan sekrup fischer menggunakan nut driver atau screw driver.
  9. Pasangkan pipa yang telah disediakan dalam satu paket ketika membelinya. Semua pipa ini terbuat dari stainlis anti karat. Kencangkan semua baut menggunakan tangan, putar kearah jarum jam.
  10. Pastikan semua bagian westafel telah terpasang dengan baik, cek kembali dengan cara mencobanya, jika masih ada bagian yang bocor, maka kencangkan kembali sambungan pipa stainles-nya. Selamat mencoba.
Perlu diingat, masing-masing merek westafel kadang memiliki cara memasang yang berbeda, sebaiknya baca terlebih dahulu buku petunjuk yang diberikan. Semoga bermanfaat.




Artikel Terkait Cara Bangun

1 komentar:

Service toilet & renovasi rumah http://renovasirenov.blogspot.com

Post a Comment

Newer Post Older Post Home

Blogger Template by Blogcrowds