09 February 2013

Cara Memasang Keramik Kamar Mandi

Kamar mandi merupakan salah satu bagian penting dalam sebuah rumah. Hampir sebagian waktu penghuni rumah menggunakan kamar mandi sebagai tempat mandi, membersihkan badan dan aktivitas lainnya.

Disain, keamanan, dan perlengkapan kamar mandi sangat menentukan kenyamanan ketika kita berada di dalamnya. Termasuk bagian yang penting adalah keramik. Pemilihan keramik kamar mandi harus diperhatikan, karena berkaitan dengan keamanan dan kenyamanan ketika kita menggunakannya.

Di sini saya akan berbagi cara bagaimana memasang keramik kamar mandi yng biasa saya kerjakan di beberapa lokasi kerja. Semoga cara atau beberapa teknik pemasangan keramik kamar mandi berikut dapat memberikan manfaat bagi Anda.

Persiapan Sebelum Memasang

Sebelum memasang keramik kamar mandi ada beberapa hal yang harus diperhatikan adalah:

  1. Dinding kamar mandi harus tegak lurus.
  2. Jenis keramik dinding harus berbeda dengan lantainya, terutama dalam hal tingkat kehalusan permukaannya. Keramik lantai kamar mandi harus dipilih yang memiliki permukaan kasar, sedangkan untuk keramik dinding sebaiknya memiliki permukaan yang halus dan mengkilap sehingga mudah dibersihkan.
  3. Lantai kamar mandi harus memiliki kemiringan yang cukup agar air mandi tidak menggenang dan langsung mengalir ke lubang saluran pembuangan air.
  4. Tata letak perlengkapan kamar mandi seperti kloset, saluran air bersih (keran, shower dan sebagainya), tempat sabun, gantungan handuk, bak kamar mandi jika ada.

Cara Memasang keramik kamar mandi

Tahapan pemasangan hampir sama dengan cara memasang keramik lantai. Perbedaannya adalah pasangan dinding, dan kemiringan lantai kamar mandi.

  1. Persiapkanlah alat kerja antara lain meteran ukur, palu, palu keramik, benang, lot, selang ukur, ember plastik, alat pemotong keramik (misalnya: angel grinder), sekop dan cangkul, benang.
  2. Rendam keramik yang akan dipasang selama kurang lebih 2 jam kedalam air. Pisahkan antara keramik dinding dengan keramik lantai kamar mandi.
  3. Ukur ruangan kamar mandi baik tingginya maupun lebar ruangan. Setiap ukuran lebar dinding kamar mandi dibagi menjadi dua, sehingga diperoleh garis tengahnya. Hal ini bertujuan agar pembagian ukuran keramik sebelah kanan dan sebelah kiri menjadi sama, dan dinding keramik terlihat simetris.
  4. Siapkan semua pipa saluran air bersih sebelum dilakukan pemasangan keramik. Tentukan posisi keran air, baik keran shower maupun keran bak mandi. Semua pipa air bersih harus ditanam ke dalam plesteran sehingga tidak terlihat di permukaan keramik. Setiap sambungan pipa harus dilem dengan baik.
  5. Untuk kamar mandi, lakukan pemasangan dinding terlebih dahulu. Pasangkan benang sebagai patokan, buat dinding menjadi tegak lurus dengan menggunakan alat penegak lurus (bahasa indonesia: lot). Ukur berapa tinggi pasangan keramik, lakukan pengukuran dengan menggunakan selang kecil yang diisi air, sehingga ketinggian setiap sudut menjadi sama.
  6. Siapkan adukan seman dan pasir dengan perbandingan 1:2 kemudian dibasahi dengan air. Pasang satu persatu keramik dinding dmulai dari bagian bawah kemudian ke atas. Caranya oleskan adukan di permukaan bagian bawah keramik, lalu tempelkan keramik di permukaan dinding, pukul dengan palu karet. Lakukan cara ini satu persatu sampai semua keramik dinding terpasang. Pada bagian sudut, biasanya ukuran keramik lebih kecil, maka keramik harus dipotong terlebih dahulu sesuai dengan ukuran sudut yang akan dipasang. Gunakan alat potong keramik berupa angel grinder, lakukan dengan hati-hati.
  7. Sedikit perbedaan cara memasang keramik dinding dengan lantai yang perlu Anda ketahui yaitu jika memasang keramik lantai, adukan semen dan pasir diletakkan terlebih dahulu di lantai kemudian disiram dengan cairan semen sebagai pelengketnya. Sedangkan adukan keramik dinding diletakkan dipermukaan bawah keramik sekaligus sebagai perekat ke dinding yang akan dipasang keramik.
  8. Setelah semua bagian dinding kamar mandi selesai dipasang, tahap selanjutnya adalah memasang keramik lantainya. Jika ukuran lebar keramik lantai sama dengan keramik dinding, usahakan agar sisi keramik lantai bertemu dengan sisi keramik dinding, sehingga nat keramik saling bertemu.
  9. Pemasangan keramik lantai kamar mandi juga hampir sama dengan cara memasang keramik lantai rumah, bedanya adalah  keramik lantai harus memiliki kemiringan ke arah lubang pembuangan air mandi. Hak ini dimaksudkan agar air pembuangan mandi tidak menggenang dan mengalir dengan lancar ke saluran pembuangan air kotor.
  10. Jika semua keramik telah dipasang, tahap selanjutnya adalah mengisi nat keramik. Pilih warna nat yang sesuai dengan warna keramik. Gunakan potongan karet untuk memasukkan nat, pastikan semua bagian yang berubang terisi penuh dengan naat, kemudian dibersihkan menggunakan lap.
Jika Anda memiliki cara yang lain dalam memasang keramik silakan tulis di kolom komentar, sehingga dapat melengkapi artikel ini. Terimakasih.


Artikel Terkait Cara Bangun

3 komentar:

trik yang bagus

mantabbb gan

makasih mas buat tipsnya,,
sangat membantu sekali,,

Post a Comment

Newer Post Older Post Home

Blogger Template by Blogcrowds